Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Kelas X APAT

Praktik Penetasan Cyste Artemia salina

Guru Keren

Sagusablog

Sabtu, 26 Oktober 2024

Support dan Nasehat Kepala Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Kalimantan Timur

Hari Senin, 21 Oktober 2024 bertempat di Kantor Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Kalimantan Timur, saya menghadap Kepala Cabdin Wilayah I Bapak Dr.Mutanto, S.Pd.,M.Si dengan maksud melaporkan kegiatan PembaTIK 2024 sebagai rangkaian tugas akhir dari kegiatan tersebut.



Belajar Sambil Bersenang-senang dengan Pembelajaran Digital

Hari Senin, 21 Oktober 2024 cerah saya akan mengajak siswa-siswa belajar sambil bersenang-senang dengan menggunakan MPI si Propaka.  Propaka merupakan akronim dari si pembelajar yang ramah, memiliki otak yang kreatif serta Aktif suatu gambaran ideal siswa yang diidamkan seluruh guru.

Pembelajaran di kelas kali dengan menggunakan model pembelajaran berbasis PBL (problem based learning) dengan materi Produksi Pakan Alami yang merupakan salah satu materi dengan pelajaran Produktif Perikanan.

Rangkaian aktifitas pengelolaan pengalaman belajar siswa melalui tahapan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.  Berikut kegiatan yang dilakukan : 

A. Kegiatan Pendahuluan
  • Menyiapkan kondisi psikologis dan fisik siswa untuk siswa mengikuti proses kegiatan pembelajaran secara terjadwal
  • Memberikan motivasi belajar kepada siswa secara konstektual dengan kehidupan sehari-hari.
  • Mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan dan mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa
  • Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan silabus
B. Kegiatan Inti
  • Dalam hal ini guru mendesain langkah-langkah penerapan model pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk aktif dalam proses kegiatan belajar.  
C.  Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi
  • Guru memberikan umpan balik atau feedback terhadap proses kegiatan pembelajaran dan hasil belajar
  • Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya
Kegiatan pembelajaran di kelas dapat dilihat pada dokumentasi pada video berikut :














Berbagi Praktik Baik : Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Smart Apps Creator 3 (SAC3)

Surti Triswanti, S.PI (Sahabat Teknologi Kaltim)

Di era digital ini, kehadiran teknologi tidak pernah lepas dalam kehidupan.  Dampak teknologi sangat besar dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.  Contoh sederhananya adalah smartphone atau gawai yang dapat memudahkan manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan yang lainnya.

Teknologi dapat membantu pembelajaran dengan menyediakan sumber belajar yang beragam dan interaktif.  Siswa dapat belajar dengan tempo yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.  

Multimedia Pembelajaran Interaktif atau yang biasa disingkat MPI adalah salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan di kelas untuk menyajikan materi pembelajaran secara interaktif.  Multimedia Pembelajaran Interaktif ini dilengkapi dengan alat  pengontrol Beberapa manfaat pemanfaatan MPI di kelas diantaranya :

  • memperjelas materi dengan gambar dan animasi yang menarik
  • melatih kemampuan dengan berbagai kegiatan mencoba
  • memotivasi siswa dengan berbagai bentuk penghargaan
  • memfasilitasi gaya belajar yang berbeda pada peserta didik
  • meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran
  • memudahkan siswa untuk fokus dan memahami isi materi yang disampaikan
  • membuat proses kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih menarik

Sehubungan dengan pemanfaatan teknologi di kelas, maka kali ini saya, Surti Triswanti, S.Pi sebagai Sahabat Teknologi Kaltim mengadakan kegiatan Berbagi Praktik Baik dengan tema "Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Smart Apps Creator 3” yang diselenggarakan oleh Komunitas Belajar  (Kombel) Smacly Ceria SMKN 5 Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada hari Selasa, 22 Oktober 2024 di Ruang Rapat 1 SMKN 5 – Kota Balikpapan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Smart Apps Creator 3 (SAC3).

Kegiatan ini saya awali dengan sesi pemaparan materi  tentang dasar-dasar SAC 3 dan cara membuat media pembelajaran interaktif dengan platform tersebut. Kemudian, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk praktik langsung membuat media pembelajaran interaktif.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Kaltim 😊