Kunci Sukses Pembelajaran Menarik dan Interaktif Berbasis TIK
Webinar berbagi praktik baik ini diadakan oleh 6 Sahabat Teknologi Kaltim 2024 dengan didampingi oleh Duta Teknologi Kaltim 2023, Bapak Abdul Rahmat, S.Pd. Tema yang diambil untuk webinar kali ini adalah pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Enam Sahabat Teknologi Kaltim 2024 yang menjadi narasumber pada webinar kali ini diantaranya :
Ahsanul Fithri (SMPN 1 Tenggarong)
Arum Jati Mulatsih (SMAN 1 Tenggarong)
Bambang Herlandi (SMKN 2 Balikpapan)
Fendi Arie Wibowo (SMPN 1 Tanjung Redeb)
Jumiati Ulfah (SMP IT DHBS Bontang)
Surti Triswanti (SMKN 5 Balikpapan)
PELAKSANAAN DAN PENDAFTARAN :
🗓 Hari/Tanggal : Rabu, 23 Oktober 2024
⏰ Pukul : 13.00 - 15.30 WITA
🔗Tautan Pendaftaran : https://s.id/IUOD5
Webinar ini mendapat apresiasi yang positif dari para peserta yang berasal dari berbagai jenjang dan kota di Indonesia. Rekaman Part 1 Webinar Sahabat Teknologi Kaltim 2024 ini dapat dilihat pada video berikut :
Rekaman Part 2
Daftar hadir peserta webinar dapat dilihat pada tampilan berikut :
Dokumentasi selama kegiatan Webinar Sahabat Teknologi Kaltim 2024
Hari Senin, 21 Oktober 2024 bertempat di Kantor Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Kalimantan Timur, saya menghadap Kepala Cabdin Wilayah I Bapak Dr.Mutanto, S.Pd.,M.Si dengan maksud melaporkan kegiatan PembaTIK 2024 sebagai rangkaian tugas akhir dari kegiatan tersebut.
Hari Senin, 21 Oktober 2024 cerah saya akan mengajak siswa-siswa belajar sambil bersenang-senang dengan menggunakan MPI si Propaka. Propaka merupakan akronim dari si pembelajar yang ramah, memiliki otak yang kreatif serta Aktif suatu gambaran ideal siswa yang diidamkan seluruh guru.
Pembelajaran di kelas kali dengan menggunakan model pembelajaran berbasis PBL (problem based learning) dengan materi Produksi Pakan Alami yang merupakan salah satu materi dengan pelajaran Produktif Perikanan.
Rangkaian aktifitas pengelolaan pengalaman belajar siswa melalui tahapan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Berikut kegiatan yang dilakukan :
A. Kegiatan Pendahuluan
Menyiapkan kondisi psikologis dan fisik siswa untuk siswa mengikuti proses kegiatan pembelajaran secara terjadwal
Memberikan motivasi belajar kepada siswa secara konstektual dengan kehidupan sehari-hari.
Mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan dan mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan silabus
B. Kegiatan Inti
Dalam hal ini guru mendesain langkah-langkah penerapan model pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk aktif dalam proses kegiatan belajar.
C. Kegiatan Penutup
Melakukan refleksi
Guru memberikan umpan balik atau feedback terhadap proses kegiatan pembelajaran dan hasil belajar
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya
Kegiatan pembelajaran di kelas dapat dilihat pada dokumentasi pada video berikut :